19/09/2015

Jelajah Jabodetabek #2 - Mengunjungi Taman Topi di Bogor

#recycledpost #throwbackJul2014

Setelah tiba di Stasiun Bogor pada hari pertama Lebaran, saya pun mengunjungi tempat wisata terdekat dari sana: Taman Topi. Hanya saja letak pintu stasiun sedikit jauh, sehingga untuk dapat keluar dari stasiun ini harus sedikit jalan memutar dan ketika keluar dari stasiun, juga harus melalui hiruk pikuk deretan Pe-Ka-El dan banyaknya angkot Bogor warna hijau yang sibuk ngetem untuk menarik penumpang.

Padahal letak Taman Topi persis ada di sebelahnya, deket banget, coba ada pintu tembusannya. Hmm.. paling nggak cuaca hari itu super cerah mengingat nama samaran Bogor yang adalah Kota Hujan bikin diri ini sedikit was-was. Fyi, di seberang stasiun ada deretan ruko dimana salah satu gedungnya bernama Taman Topi Square. Tapi Taman Topi yang saya maksud letaknya ada di sebelah stasiun, bukan yang Square ini.



Taman Topi Square yang terletak di seberang stasiun. Di sana ada berderet beberapa toko retail seperti Matahari, KFC, toko roti, dan money changer.

Kalau boleh curhat, sebetulnya rencana awal saya, begitu keluar dari Stasiun Bogor mau ke Pasar Anyar dulu buat beli toge goreng khas Bogor (Pasar Anyar juga deket, ada di belokan kiri pertama dari stasiun), tapi hiksss... karena lagi lebaran ternyata tukangnya nggak ada semua. Akhirnya batal deh. (╥﹏╥) Bye-bye toge goreng, ternyata aku dan kamu belum berjodoh.


Okaaiii saatnya masuk ke Taman Topi! Awalnya saya sedikit heran sih, karena meski keberadaan Taman Topi sangat mencolok mata, namun tidak ada plang apapun yang menuliskan bahwa tempat tersebut bernama Taman Topi. Yang ada justru tulisan "Plaza Kapten Muslihat" dengan patung di atasnya dan waktu saya beli tiket masuk, di tiketnya beda lagi: malah tertulis tiket masuk "Taman Ade Irma Suryani". Oooh, baru engeh bahwa ternyata Taman Topi adalah nama beken saja karena beberapa gedung di dalamnya memiliki bentuk atap seperti topi.




Patung Plaza Kapten Muslihat yang memegang pistol dan berdiri di depan Sang Saka Mera Putih. Sesuai namanya, plaza ini atau yang dikenal sebagai 'Taman Topi" terletak di Jl. Kapten Muslihat No. 51 dengan no. telepon (0251)-8345292. Kapten Muslihat adalah salah satu pejuang kemerdekaan Indonesia.

Tiket masuk ke Taman Topi seharga Rp 2.000 per orangnya. Untuk yang bawa kendaraan ada lagi tiketnya. Begitu masuk ke dalam, rasanya sih bingung juga mau ngapain. Hahaha.. Sebetulnya ada banyak toko tapi kebanyakan tutup pas saya datang, maklum lagi pada lebaran. Taman ini bukan taman yang lahannya pakai rerumputan gitu. Meskipun nggak kecil-kecil amat, ukuran taman yang tidak terlalu besar membuat saya selesai mengelilinginya dalam sekejap saja. Tapi mampir sebentar nggak ada salahnya. Yaah sekadar makan siang sambil ngobrol sebelum melanjutkan perjalanan ke tempat wisata berikutnya. Itung-itung refreshing dan cari suasana baru..





Ada aneka usaha di sini, misalnya terdapat kantor pos, agen traveling, salon, sejumlah rumah makan, dan tukang percetakan. Hmm.. meski ada satu-dua gedung yang beratapkan topi beton, kebanyakan atap lebih mengingatkan saya pada jamur ketimbang topi. Malah ada yang bentuknya apel. Kenapa nggak disebut Taman Jamur aja yaa.. pasti lebih seru dan biar jadi khas gitu (sekalian bikin cagar budaya khusus tanaman jamur, jualin merchandise + makanan jamur-jamuran, kalau perlu obat buat jamuran juga, haha...)Ada juga Tourist Information Centre. Tapi waktu saya datang juga lagi tutup.


Di sampingnya ada spanduk besar yang nge-list down rekomendasi beberapa tempat wisata yang ada di Bogor, antara lain (kali aja kalian bingung ke Bogor mau kemana aja): (a) Istana Bogor; (b) Kebun Raya Bogor; (c) Museum Zoologi; (d) Museum Etno Botani; (e) Museum Tanah; (f) Kapten Muslihat Plaza; (g) Situ Gede; (h) Museum Pembela Tanah Air (PETA); (i) Museum Perjuangan; (j) Prasasti Batu Tulis; (k) Kebun Wisata Ilmiah; (l) Arboretum Kehutanan; (m) Taman Sringanis; dan (n) Toko Cinderamata yang terletak di jalan Binamarga




Ada pula sejumlah PKL yang menjual topi, asinan Bogor dan es duren. Panasnya cuaca mendorong saya untuk membeli es duren dengan topping meises ini. Meski saya termasuk anti duren, tapi es duren ini terasa nikmat sekaliii... slurppp!
Guess what, ada taman di dalam taman ini! Jadii.. di dalam Taman Topi ada sebuah taman lagi bernama "Taman Ade Irma Suryani". Taman ini berisi wahana permainan anak yang sederhana, tapi cukup menyenangkanlah kalau buat anak-anak. Ada komidi putar, flying fox, kereta yang jalan di rel, kendaraan gajah terbang, dsb.

Denger-denger di dalamnya juga bisa rendeman kaki sambil terapi digigit ikan-ikan kecil (nggak tahu sih betul atau nggak dan masih ada atau nggak, hehe..) Lumayan juga di taman kota ada tempat seperti ini buat anak kecil iseng-iseng, murah meriah pula. Tiket masuk seharga Rp 9.000 dan saya dengar kalau ingin main harus beli tiket terusannya lagi. Jam buka taman ini: Senin-Jumat pk. 09.00-17.00 serta Sabtu-Minggu pk. 08.00-18.00.




Pintu Masuk Taman Ade Irma Suryani yang berisi aneka wahana permainan untuk anak kecil.

Naaah... ternyata ada sebuah tempat yang menarik di dalam Taman Topi untuk nongkrong sebentar, apalagi kalau Anda suka membaca. Namanya Cafe Exetra. Di sini kita bisa makan siang atau ngemil sambil... baca buku, komik, novel atau majalah! Wuaah saya menemukan beberapa komik jadul yang suka saya baca saat kecil, seperti Detektif Kindaichi, serial cantik, dan banyak lainnya. Meski yang berseri gitu juga urutan nomornya nggak lengkap, tapi koleksi judul komik yang ada banyak sekali dan lumayan banget buat baca-baca.


Tapi ada fee-nya yang terbilang sangat friendly (Rp. 500 buat komik, majalah lama, dan pop science; serta Rp. 1000 buat majalah baru dan novel). Makanan yang tersedia juga beraneka ragam, misalnya soto ayam, aneka nasi goreng, chicken katsu, sop iga, iga bakar, roti cane, pisang bakar, potato plattercheese burger, dsb. Harganya juga terjangkau, rata-rata belasan ribu rupiah (kecuali yang ada iga-iga gitu 30ribuan).


Cafe Exetra: Read and Eat!


Kafe ini buka setiap hari Senin-Kamis (jam 9 pagi sampai 9 malam); Jumat dan Sabtu (jam 8 pagi sampai 10 malam), serta Minggu (jam 8 pagi sampai 9 malam).


ALOHA...!! KEMANA LAGI YA DI JABODETABEK? SIMAK ULASAN BERBAGAI PILIHAN TEMPAT WISATA DI JABODETABEK DI DAFTAR ISI JELAJAH JABODETABEK!


EmoticonEmoticon