19/09/2015

Jelajah Jabodetabek #5 - Bambu Kebun Raya Bogor Ini Berwarna Kuning Cerah dan Memiliki Garis-garis Hijau

#recycledpost #throwbackJul2014

Bambu selalu identik dengan warna kehijauan (yang kalau di gambar-gambar sering digelayutin panda) atau kecoklatan (seperti warna bambu pada angklung). Tapi tahu nggak, ada juga jenis bambu yang berwarna kuning cerah yang dikenal dengan nama "Yellow Bamboo" atau dalam bahasa Latinnya disebut "Bambusa Vulgaris Schard ex Wendl." Bambu ini saya temukan pada area koleksi bambu di Kebun Raya Bogor.


Sebetulnya yang membuat saya tertarik bukanlah warna kuningnya yang cerah. Akan tetapi adanya garis-garis hijau pada bambu yang berwarna kuning tersebut. Nggak semua ruasnya ada garis siiih, tapi amazed aja lihatnya, kok bisa muncul garis lurus-lurus gitu dengan lokasi yang agak random (garis di ruas bambu yang satu beda ukuran dan beda letak dengan garis yang ada di ruas bambu yang lain).

Ooh ya, simak yuuuk sedikit ilmu yang nggak kalah menariknya tentang bambu jenis ini (yang saya contek dari papan informasi di sana, hoh): "Anda akan mudah mengenali jenis bambu ini, karena buluhnya berwarna kuning atau kuning bergaris hijau. Warna buluhnya yang indah menjadikannya tanaman hias yang digemari. Salah satu keunikan bambu ini adalah pertumbuhan rebungnya yang sangat cepat, hanya dalam waktu dua minggu dapat mencapai 4 m (gila cepet amat, jadi pengen tanam sebatang di halaman rumah, biar berasa ada hasilnya, hahaha...). Buluhnya tegak kadang bengkok-bengkok, tingginya antara 10-20m dengan diameter batang mencapai 10 cm.

Di El Salvador, rebungnya digunakan sebagai bahan campuran pengobatan tradisional untuk penyakit kuning. Jenis bambu ini bukan tumbuhan asli Indonesia, tapi dapat ditemukan di daerah tropika Asia hingga Pasifik."


ALOHA...!! KEMANA LAGI YA DI JABODETABEK? SIMAK ULASAN BERBAGAI PILIHAN TEMPAT WISATA DI JABODETABEK DI DAFTAR ISI JELAJAH JABODETABEK!


EmoticonEmoticon