19/09/2015

Jelajah Bangkok #5 - Naik BTS SkyTrain dengan Rabbit Card (Ulasan Lengkap)

#recycledpost #throwbackDec2014



Ingin pakai BTS SkyTrain di Bangkok, tentu Anda harus beli tiket sebelum keliling dengan transportasi massal tersebut. Ternyata ada beberapa jenis tiket, yaitu:
 
(1) MAGNETIC TICKET, terdiri dari 2 opsi yaitu:
a. Single Journey Ticket (info lengkap lihat link berikut): tiket ini berlaku untuk sekali perjalanan pada tanggal pembelian dimana harganya disesuaikan dengan tempat tujuan (minimum15 Baht, maksimum 42 Baht) dan dapat dibeli di mesin penjual tiket
b. One-Day Pass (info lengkap lihat link berikut): dengan harga 130 Baht, tiket ini berlaku untuk jumlah penggunaan BTS tak terhingga (boleh naik berlaki-kali alias unlimited rides) pada tanggal pembelian dan dapat dibeli di seluruh BTS Ticket Office, namun saldo tidak dapat dikembalikan (non-refundable)

(2) SMARTPASS, sepengertian saya, ini ada yang tipe lama, ada yang tipe baru gitu. Yang tipe lama disebut BTS SmartPass; sedangkan yang tipe baru disebut sebagai Rabbit Card. Fyi, tiket tipe lama sudah dihentikan penjualannya sejak tanggal 23 April 2012 dan 1 Mei 2012 (info lengkap lihat link berikut). Karena selama ada di Bangkok saya memakai Rabbit Card, jadinya sedikit lebih paham soal kartu ini dibanding tiket tipe lainnya. Akan coba bahas sedikit lebih detail soal kartu ini (tapi sepengertian saya juga nih, hoho...) ┐('⌣'┐) (┌'⌣')┌
  
  


  

JENIS-JENIS RABBIT CARD

Ada 4 tipe Rabbit Card (info lengkap lihat link berikut):
a. Standard Rabbit yang dipakai secara perorangan oleh khalayak ramai;

b. Special Rabbit yang di-issue untuk merayakan hal-hal khusus, misalnya jadi souvenir;
c. Corporate Rabbit yang diperuntukkan bagi perusahaan yang ingin customize; dan
d. Co-Branded Rabbit yang dikeluarkan oleh institusi keuangan atau perusahaan yang ingin menambahkan fungsi-fungsi yang dimiliki Rabbit Card kepada kartu kredit/debit/dsb.

Naaah... Standard Rabbit bisa dibagi ke dalam 3 tipe lagi, yaitu Adult Rabbit (kartu warna oranye), Student Rabbit (untuk siswa lokal berusia 23 tahun ke bawah dan dibeli dengan menunjukkan Student ID dan Citizen ID; kartu warna hijau), dan Senior Rabbit (untuk penduduk lokal berusia 60 tahun ke atas dan dibeli dengan menunjukkan Citizen ID; kartu warna pink keunguan).



HARGA PEMBELIAN RABBIT CARD
Karena turis nggak mungkin pakai yang Student Rabbit dan Senior Rabbit, maka saya pun membeli Adult Rabbit. Kartu ini dapat dibeli dari petugas yang ada di Ticket Office di stasiun BTS. Harga 1 kartu Adult Rabbit adalah 200 Baht, yaitu terdiri dari:

a. Uang deposit sebesar 50 Baht;
b. Biaya menerbitkan kartu sebesar 50 Baht (ini pas saya pergi lagi promo sampai 31 Desember 2015; biaya aslinya sebesar 150 Baht kalau nggak promo);
c. Nominal yang dapat dipakai untuk perjalanan sebesar 100 Baht.


  
TERKAIT TOP-UP RABBIT CARD
Jika Anda ingin melakukan top-up ada tiga opsi jenis top-up (info lengkap lihat link berikut, bisa download pdf-nya di link tersebut):

OPSI 1: Add Stored Value (menambahkan nilai simpanan):

1. Sekali top-up minimum sebesar 100 Baht, maksimum sebesar 4000 Baht;

2. Jika penumpang berpergian antar 25 stasiun BTS yang original (Mo Chit, Saphan Khwai, Ari, Sanam Pao, Victory Monument, Phaya Thai, Ratchathewi, Siam, Chit Lom, Phloen Chit, Nana, Asok, Phrom Phong, Thong Lo, Ekkamai, Phra Khanong, On Nut, National Stadium, Ratchadamri, Sala Daeng, Chong Nonsi, Surasak, Saphan Taksin, Krung Thon Buri, Wongwian Yai), maka biaya dipotong dari kartu berdasarkan Tabel Biaya yang berlaku (untuk Tabel Biaya lihat link berikut dan klik Check Out Fare Information).

3. Jika penumpang masuk dan keluar di stasiun BTS yang extension (Bang Chak, Punnawithi, Udom Suk, Bang Na, Bearing, Pho Nimit, Talat Phlu, Wutthakat dan Bang Wa), maka ada biaya tambahan lagi yang dipotong dari kartu sebesar 10 Baht per perjalanan.

4. Tambahan uang (added value) hanya berlaku selama 2 tahun dari tanggal transaksi terakhir. Masa berlaku kartu sepanjang 5 tahun dimana dalam jangka waktu tersebut, apabila ada value top up, maka value dalam kartu akan diperpanjang secara otomatis.





OPSI 2: Add 30-Day Trips (ini kayak beli borongan gitu loh sesuai jumlah trip Anda):

1. Biaya dapat ditemukan pada gambar di atas

2. Trips hanya berlaku jika Anda berpergian antar 25 stasiun yang original (lihat daftarnya di OPSI 1 di atas), penumpang dapat menambahkan trips sesuai dengan promosi yang tersedia.

3. Trips dapat dipakai untuk jarak berpergian yang tak terhingga (unlimited) sesuai dengan jumlah trips yang termasuk dalam paket (kecuali di stasiun yang extension).

4. Trips pada Rabbit Card berlaku selama 30 hari dari tanggal penggunaan pertama.

5. Kartu harus digunakan dalam waktu 45 hari sejak date of issue atau sejak terakhir kali trips diisi ulang, setelah itu trips yang tersisa akan hangus (new trips must then be added to validate a card for further travel). Trips tidak dapat dipulangkan (non-refundable).

6. Kartu yang masih berada dalam masa berlaku dapat diisi ulang dengan trips sesuai promosi yang diberikan perusahaan.

OPSI 3: Add both Stored Value and 30-Day Trips (tampaknya bisa memilih dua opsi tersebut sekaligus jika mau).


Well, kurang lebih begitu, deh. Anda bisa hitung sendiri sesuai rencana perjalanan Anda, mana yang lebih hemat apakah memakai magnetic ticket dan Rabbit Card, serta opsi top-up mana yang lebih menguntungkan untuk Rabbit Card. Semoga bermanfaat :)

7 comments

haiii....
sy numpang tanya ya, itu kl menggunakan rabbit card apakah bisa di refund sisanya?

thanks before
mike_a_s@yahoo.com

Hi there, yup bisa direfund tapi ad ketentuannya. Info lengkap bis cek link resminya ini:
http://www.rabbitcard.com/en/page/refund

Haiii.
Saya ingin memakai rabbit card,tapi kok sepertinya jatuhnya lebih murah saat membeli one day pass ya?
Atau menurut anda lebih murah yang mana?
Kok sepertinya rabbit itu harganya sama dengan yang single journey..

Haiii.
Saya ingin memakai rabbit card,tapi kok sepertinya jatuhnya lebih murah saat membeli one day pass ya?
Atau menurut anda lebih murah yang mana?
Kok sepertinya rabbit itu harganya sama dengan yang single journey..

Haii
Tanya dong. 1 kartu rabbit itu bisa di gu akan oleh bbrp org atau tidak? Maksudnya kalau saya pergi ber 4, bisa menggunakan 1 kartu, atau masing2 org hrs punya 1?
Tq

Haii
Tanya dong. 1 kartu rabbit itu bisa di gu akan oleh bbrp org atau tidak? Maksudnya kalau saya pergi ber 4, bisa menggunakan 1 kartu, atau masing2 org hrs punya 1?
Tq

Mau tanya dong. Rabbit card hanya berlaku untuk BTS saja atau bisa juga untuk MRT dan ARL?


EmoticonEmoticon