19/09/2015

Jelajah Korea #2 - Tandu untuk Pengantin Wanita di Bandara Gimpo

#recyledpost #throwbackJun2012

Kalau kamu pernah nonton drama sageuk alias drama historis Korea jaman-jaman bahela yang penuh dengan cerita politik dan perebutan kekuasaan itu, biasanya kamu akan menemukan si mobil tanpa roda yang nggak perlu diisi bensinnya ini, atau simple-nya dikenal dengan tandu, wkwk...



Dalam bahasa Korea, tandu disebut 가마 (Gama). Penumpangnya akan duduk di dalam si Gama ini dan yang jelas nggak perlu keluar tenaga sama sekali karena Gama akan digotong oleh 2 orang (satu di depan dan satu di belakang) atau bisa juga 4 orang (satu di setiap batang). Para pengangkut Gama bisa mengangkat batang Gama dengan tangan, atau bisa juga ditaruh di atas bahu dengan mengikatkan tali-tali pengikat ke batang-batang tersebut. Di dalam Gama tersebut ada cushion (bantalan atau alas duduk) yang ditaruh di atas lantai.

Nah, jenis tandu atau Gama 'kan ada macam-macam. Kalau yang ada di gambar di atas disebut dengan 사인교 (Sain-gyo) atau dalam istilah sino-Korean alias bahasa Mandarinnya adalah 四人橋 (si4ren2qiao2). Gama jenis ini digunakan oleh bride (mempelai pengantin wanita) dari kelas rakyat biasa pada saat ia menikah.

Tandu ini saya temukan persis di ruang tunggu Gate 11 Gimpo International Airport. Bagus kaaan? Kayunya gagah dengan ornamen ukiran yang simple dan nggak ribet. Kemudian pemakaian rumbai merah atap biru semakin menonjolkan nuansa Korea mengingat kedua warna ini ada di bendera KorSel. Ditambah lagi bordiran logo di dalamnya beserta image sejumlah hewan yang menambah kesan tradisional dan alami. Hmm.. Seru juga nih kalau punya satu di kamar..


EmoticonEmoticon