19/09/2015

Jelajah Korea #5 - Naik Seoul City Tour Bus untuk Keliling Seoul

#recycledpost #throwbackJun2012



Waktu mengunjungi Seoul dulu, saya dan teman-teman menaiki Seoul City Tour Bus yang ngetem di sekitar Seoul Station. Transportasi yang satu ini betul-betul mempermudah wisatawan yang nggak tahu mau kemana dan yang nggak bisa bahasa Korea, karena dengan membayar 10.000 won saja (di dalam bus ada semacam "pramugari" yang menjual tiket dan sesekali menjelaskan tempat wisata di Korea dalam bahasa Inggris), bus ini berhenti di halte di berbagai objek wisata terkenal di Seoul dan bisa kamu pake seharian penuh.

Halte-halte ini khusus untuk Seoul City Tour Bus, beda sama halte bus biasa, ada tandanya koq. Di setiap halte kamu bisa memilih untuk turun atau nggak turun. Kalau kamu kamu nggak mau turun, kamu boleh skip tempat itu. Cukup stay di bus dan turun di halte yang kamu mau. Sesudah puas liat-liat, kamu cukup ke halte itu lagi untuk capcus ke halte berikutnya dengan memperlihatkan tiket yang sudah kamu beli (bus akan datang dengan selang waktu tertentu, kalau nggak salah sekitar 20 menitan gitu). Informasi lebih lanjut soal rute, jam, dsb, silahkan lihat website ini: bit.ly/MVPROp



Tiket Seoul City Tour Bus yang sudah disobek oleh si "pramugari". Di pinggirnya ada voucher diskon yang bisa disobek. Kali ini voucher yang tersedia: 10% Namsan Seoul Tower, 20% Ilmin Museum Art, 10% Nanta Theater, 15% 63 (Yuk Sam) Building, dan 10% Chongdong Theater.


Ini dia si "pramugari" yang selain bertugas jadi penjual, penyobek, dan pemeriksa tiket; juga menjadi tour guidesederhana dalam perjalanan kami. Meski bahasa Inggrisnya kental dengan aksen Korea dan memang agak sulit dimengerti, tapi daripada nggak ada yang cuap-cuap kan sepi juga, hihi..


Dan ini adalah suasana dalam Seoul City Tour Bus. Nuansanya merah marun, typical khas bus antar kota yang bisa kamu temui di bandara. Tempat duduknya empuk, semi sofa gitu deh, lebih empuk dari bus biasa. Bandingkan dengan gambar di bawah ini yang merupakan interior bus biasa.


Nah, ini dia.. kalau yang ini bus Korea biasa atau bus dalam kota. umumnya tempat duduk berwarna biru atau dilapisi cover warna biru, dimana banyak tiang-tiang untuk gelantungan bagi yang nggak dapat tempat duduk, kaya TransJakarta gitu.


Kalau yang ini bukan MP3 player lhooo, tapi mesin tour guide, makanya nggak masalah meski si "pramugari" nggak terlalu bisa bahasa Inggris soalnya ada mesin ini yang memuat rekaman narasi mengenai info tempat-tempat wisata yang ada di Seoul yang dilalui oleh bus ini dengan detil. Ada lima bahasa yang bisa dipilih: Korea, Jepang, Inggris, Mandarin, dan Perancis. Audio ini ada di bagian belakang kursi. Sayangnya waktu saya naik, ada mesin yang kondisinya lagi nggak pol nih alias rusak...

1 comments so far

kak mau tanya donk..... bisnya juga ke Seoul tower gak? maksud saya kan kalo ke seout tower kan biasanya pakai bis khusus atau cable car... ini apa langsung turun di depan seoul towernya? thanks


EmoticonEmoticon