19/09/2015

Jelajah Jabodetabek #9 - Pergi ke Rangkasbitung, Banten

#recycledpost #throwbackAug2011


Belum lama ini pas Jakarta lagi sepi-sepinya karena libur lebaran, saya mengunjungi seorang sepupu yang belum lama baru pindah ke Rangkas bersama keluarga kecilnya. Perjalanan ke sana rasanya jauh banget, naik mobil kira-kira tiga jam baru sampai, duduk sampai pegeeel banget... Saking jauhnya, sempet ketiduran juga pas dengerin musik (tadinya sih mau dengerin radio, tapi gak ada suaranya semua, kayanya gara-gara lebaran jadi pada libur bur burrr...). Pas saya bangun ternyata masih belum sampai juga, jadilah saya clingak clinguk ke kiri kanan dan ambil beberapa foto. Jalanan yang saya lewati adalah semacam perkampungan gitu, misalnya ada yang namanya jalan Ciruas Petir. Jalanan di situ sebagian ada yang udah dicor, tapi kebanyakan masih berbatu-batu gitu, jadi lumayan enjot-enjotan deh naik mobilnya. Jeglok..jeglok...

Satu hal yang paling siginifikan yang begitu terasa adalah... debu! Daun pohon yang segitu hijaunya, warnanya udah berubah suram. Atap rumah, sawah, jalanan, semuanya keriiing banget. Rasanya kalau bisa manggil geledek, udah saya panggil deh, biar turun hujan dan jadi seger semuanya. Selain itu, karena masih suasana lebaran, sejumlah ruas jalan juga dipadati penduduk, semuanya pakai baju baru. Banyak juga pasar yang sederhana banget ada di jalanan, jualannya sih nggak banyak, tapi kelihatannya cukup menjadi hiburan untuk penduduk setempat. Ada anak kecil, ibu-ibu, bapak-bapak, juga anak-anak muda yang usia 14-17 tahun gitu lagi ngumpul dan keliatannya remaja-remaja ini calon hijrah ke Jakarta buat jadi PRT pas selesai lebaran. Di sepanjang jalan saya juga sempet liat ada pom bensin sih, tapi yang isi bensin kebanyakan motor, terus juga ada kuburan kecil gitu. Hoho...



Tak berapa jauh dari rumah sepupu saya ada pasar tradisional yang besar. Selain jualan sayur mayur, di sini kita bisa nemuin buanyaak banget toko emas berderet. Saya ngeliat orang di sana jual dan beli emas gampang banget, udah kayak beli sayur. Astaga, sampai kaget, ada orang beli nggak pakai nawar-nawar lagi. Dalam hitungan 1 menit, transaksi sudah terjadi. Terus saya sempet juga ngeliat proses peleburan emas (separuh doank, sih, gara-gara sambil main sama keponakan, haha). Cukup dipanasin dengan temperatur super tinggi, dimasukin ke dalam cetakan, dan direndem di air begitu udah dingin, dan jadilah emas batangan. Bentuknya sih cuma kaya bungkus coklat yang gold-gold mengkilap gitu, tapi harganya bisa ratusan juta sampai miliaran rupiah lhoo, padahal cuma segenggam kecil di tangan..

Pulangnya aku lewat banten, sempat makan seafood. Rasanya enak, tapi nunggunya itu lho, lamaaa banget. Setelah itu sempat makan juga di durian jatoh haji arif. Rame banget, udah kayak rest area buat keluarga yang bawa mobil sendiri, dan wangi duren banget. Hueksss.. Saya nggak doyan duren sih, jadinya cuma minum jus duren yang udah dicampur gula seabrek-abrek. Wuakakak... :D


ALOHA...!! KEMANA LAGI YA DI JABODETABEK? SIMAK ULASAN BERBAGAI PILIHAN TEMPAT WISATA DI JABODETABEK DI DAFTAR ISI JELAJAH JABODETABEK!


EmoticonEmoticon