16/07/2016

DIY Strategi #6 - Mempelajari 75 Teknik Penjualan dari "The Ultimate Book of Sales Techniques"


Jadi... mulailah saya menjalankan salah satu bucket list saya di tahun 2016 ini: membaca setidaknya 52 buku. Dan buku inilah yang pertama kali saya selesaikan di tahun yang baru ini, yaitu "The Ultimate Book of Sales Techniques: 75 Ways to Master Cold Calling, Sharpen Your Unique Selling Proposition, and Close the Sale".




Penulisnya adalah Stephan Schiffman, yang sudah menuliskan puluhan buku tentang penjualan dan merupakan seorang motivator sekaligus pelatih sales. Penerbitnya adalah Adams Media (2013). Tebalnya 219 halaman (termasuk daftar isi, intro, isi, kesimpulan, lampiran, dan indeks), dimana "isi bersihnya" yaitu berada dari halaman 19 -185. Buku ini ditulis dalam bahasa Inggris.




Singkat cerita, tangan ini jadi gatel untuk ambil buku ini dari rak perpus kantor setelah tergiur melihat judulnya, mengingat buku ini cukup relevan dengan rotasi pekerjaan terbaru saya yang nggak jauh-jauh dari sales. Cihuy.




Ada 5 bagian dalam buku ini. Totalnya terdiri dari 75 bab singkat (@1-4 halaman) dengan topiknya masing-masing. Yang diulas cukup lengkap, yaitu aneka tantangan dan sikon yang jadi menu sehari-harinya salesman, termasuk juga contoh kesalahan yang kerap dibuat oleh para penjualwan dan penjualwati. Bacanya enak dan cepat gitu karena pendek-pendek dan jadi bisa dicicil pas senggang tanpa perlu potong tengah-tengah bab. Selain itu, alur bab dan gaya bahasanya juga asik, ngalirlah poko'e.




Buku ini membagikan filosofi dan pola pikir yang I think penting dimiliki para penjual (dari awal sampai akhir, ada benang merahnya kerasa gitu). Banyak teknik dan tips juga yang jadi nongol di kepala saat duduk di kantor atau ketemu orang. Hampir semua babnya, menurut saya sangat practical dan dapat diterapkan, meski untuk sejumlah bab, I wonder sih apakah applicable jika dijalankan di Indo, mengingat buku ini diterbitkan di Amrik dan ditulis oleh seorang bule yang jelas ada beda budaya dengan kita.




Anyway, kalau Anda lagi cari buku tentang cara menjual atau sales, yang satu ini recommended deeh. Banyak yang bisa dipelajari sehingga waktu yang terpakai untuk membaca buku ini nggak berlalu sia-sia. Selamat membaca!


EmoticonEmoticon