22/12/2015

Jajan #30 - Pernah Coba Makan Roti Berwarna Hitam?

Tags


Hampir setiap malam ketika pulang bekerja, saya melewati toko roti Bread Life. Dari berbagai macam pilihan roti yang tampilannya menggugah selera, ada sebuah roti yang menarik perhatian saya karena warnanya yang hitam pekat dengan taburan biji wijen sebagai pemanis.


Penjelasan singkat yang tertera melabelkan namanya sebagai Kuro Banana Cream, yaitu "roti lembut berbahan dasar charcoal yang kaya manfaat dengan perpaduan pisang & krim putih yang lembut yang memberikan rasa unik dalam setiap gigitannya." Akhirnya di suatu malam di jam-jam kritis (baca: perut mulai bikin konser), saya pun membeli roti tersebut karena penasaran dengan rasa dari roti yang memakai "bahan dasar charcoal" itu.


Fyi, dalam bahasa Jepang, Kuro berarti "Hitam". Jadi nggak heran kalau nama rotinya Kuro Banana Cream.


Rotinya enak, tapi suprisingly tidak ada perbedaan rasa dengan roti biasa yang berwarna putih atau coklat. Hmm... kalau begitu adakah beda nutrisi? Iseng gugel dan ternyata roti-roti hitam semacam ini dibuat dengan memakai bubuk arang bambu (bamboo charcoal powder). Ada berbagai artikel yang mengkategorikan "charcoal bun" sebagai makanan sehat. Bamboo charcoal dikatakan memiliki berbagai manfaat, misalnya mengandung mineral penting seperti potasium, kalsium, zat besi, dan sodium serta mampu menyerap kelembaban, bau tak sedap dan ketidakmurnian.


Also worth noting adalah isian pisangnya yang sudah diolah hingga menjadi semacam selai. Hmm.. rasanya enak and it went well with the bread. Ternyata nyambung juga makan roti pakai pisang. Jadi pengen buat selai pisang sendiri untuk stok di rumah.


Ohh yaa.. last but not least, kalau Anda tahu >> salah satu negara yang cukup sering eksperimen jual makanan warna-warna hitam gini tak lain dan tak bukan adalah Jepang. Contohnya niiih... BK alias Burger King yang di Jepang memiliki menu burger warna hitam looh. Bahkan lembaran keju-nya saja pun berwarna hitam. HOH. Keren nih, kesannya kayak makanan samurai atau hipster gitu. Interested in trying? (Source of Image: Facebook Burger King Japan).


EmoticonEmoticon