13/09/2015

DIY: Prakarya #3 - Membuat Wadah Serbaguna ala 7-Eleven dari Kardus (dengan POLA MUDAH)




Suatu hari saya membeli sebuah menu cepat saji di 7-Eleven untuk dine-in di gerai tersebut: nasi-nasi apa gitu... Container tempat nasi tersebut masih panas karena baru dihangatkan dari oven, sehingga mbak pramusaji menyediakan sebuah wadah yang terbuat dari kardus sebagai 'tatakan'. Sekilas wadah ini terlihat simple dan mudah dibuat, ahaa.. menarik nih! Serbaguna pula kelihatannya, bisa untuk menaruh pernak-pernik seperti permen dan alat tulis di meja kantor atau meja belajar. Jadinya saya bawa pulang untuk utak-utik deeeh...



Waktu saya 'pretelin' ternyata memang cara membuatnya tidak sulit. Bermula dari pola lingkaran saja lhooo, lalu bisa jadi wadah yang kuat seperti di atas! Kalau kamu lagi nggak ada kerjaan, nggak ada salahnya berkreasi dengan kardus bekas yang ada di rumah dan membuat sesuatu yang bernilai jual seperti wadah ini. :) Biar gampang, saya coba gambarin yaaa.. Check these steps out!


Step 1: Ambil selembar kardus tipis atau karton tebal. Buat dua buah lingkaran dengan menggunakan pensil. Lingkaran yang lebih kecil memiliki jari-jari 6,2 cm, sedangkan lingkaran yang lebih besar memiliki jari-jari 11,5 cm. Garis putus-putus menandakan bagian yang akan dihapus nantinya, karena itu gunakan pensil ya!



Step 2: Tariklah sebuah garis dari ujung ke ujung melewati titik sumbu di tengah (lihat garis A-B), kemudian tarik garis berikutnya dimana jaraknya adalah sebesar sudut 45 derajat dari titik di tengah. Lakukan hal yang sama pada dua garis berikutnya sehingga didapatlah 4 buah garis lurus. Garis yang terdapat dalam lingkaran kecil sengaja saya buat putus-putus sebagai tanda bahwa garis tersebut akan dihapus nantinya.



Step 3: Hubungkan ujung garis dalam lingkaran kecil dengan ujung garis di sebelahnya (lihat garis X-Y), lakukan hal yang sama sampai terbentuk bangun segi delapan.



Step 4: Hapus garis putus-putus yang ada di langkah sebelumnya untuk dapat melihat bentuk segi delapan dengan jelas di bagian tengah. Pola yang ada sekarang mirip dengan bola sepak bola ya!



Step 5: Dari garis biru yang tersisa, buatlah sebuah garis dengan jarak sebesar sudut 35 derajat (lihat garis putus-putus).



Step 6: Selanjutnya gunting (atau gunakan cutter agar hasilnya lebih rapi) setiap garis biru dan lipat setiap garis putus-putus hingga ada delapan 'kipas' dengan tampilan seperti gambar di atas. Jangan lupa juga untuk melipat dasar dari kipas tersebut, yakni bentuk segi delapan yang ada di tengah.



Step 7: Last step guys! we're near the end of the journey :) Rekatkan bagian lipatan kipas pada kipas yang ada di sebelah kiri sehingga kipas yang satu tampak berada di atas kipas yang lain. Rekatkan dengan jenis lem yang kuat agar tidak lepas saat digunakan. Bisa juga pakai stapler kalau malas, ahaha.. Lakukan pada semua kipas, dan congrats, we made it!! Selesai juga deh wadah serbaguna yang bisa Anda dan saya bisa pakai untuk menaruh aneka pernak-pernik atau snack di rumah, sekolah, atau kantor. Mudah bukaaan?


EmoticonEmoticon