13/09/2015

DIY: Prakarya #2 - Cara Melipat Amplop dari Kertas Berbentuk Hati: Simple Lhoo!

Di atas meja rekan kantor saya ada kalender bukan sembarang kalender, yang merupakan merchandise dari suatu perusahaan asuransi, dimana di tiap-tiap bulannya ada prakarya simple yang kreatip-kreatip gitu, bahkan menarik untuk sekedar dilihat atau kalau niat malah bisa dicoba sendiri pakai tangan. Yang bikin kece itu prakaryanya juga selaras sama event/tips/pesan yang di-share di bulan itu, sehingga selain bikin menarik untuk dibaca, event/tips tersebut juga jadi lebih mudah untuk diingat.

Nah contohnya nih, di salah satu halamannya terpasang sebuah bentuk hati yang ada perforasinya (lubang garis putus-putus) dan panduan cara membuat amplop dari bentuk tersebut sehingga bisa langsung disobek dan segera dipraktekkan. Seperti ini dia langkah-langkahnya:



Jreeengg!! Tampak depan dan belakang bentuk hati. Desain bagian depannya bagus ya, jadi macam diamond gituuu... kaya liontin atau hiasan bentuk hati yang suka dijual bling-bling gituu...



Ini dia ukurannya untuk referensi Anda (dalam cm). Bisa juga Anda buat dengan skala yang lebih besar atau kecil. Kalau mau cepet, pakai common sense aja siih sebetulnya nggak perlu ukur-ukur juga, hahaha.. Tapi kalau kamu belum punya bentuk hati, atau mau lipatannya lebih akurat biar nggak perlu trial error, bisa diikutin juga.


Langkah 1: Putar hati-nya supaya gampang dilihat hasilnya dan mulailah dengan melipat kedua garis vertikal di sisi kanan dan kiri yang ada di gambar sebelumnya.



Langkah 2: Lipat garis horizontal yang ada di bagian bawah ke atas. Sudah kelihatan kan bentuk amplopnya?



Langkah 3: Sekarang tinggal melipat tutupnya (garis horizontal yang ada di atas) kebawah dan aseeek, udah jadi deh.. Tinggal direkatkannya aja pakai solatip yang cantik atau double tape biar rapi sekalian. Mudah yaa?

Jadiiii... buat Anda yang baru membeli hadiah untuk pasangan terkasih atau kado untuk sahabat yang berulang tahun tapi lupa membeli kartu ucapan, tak ada salahnya membuat sendiri lhooo amplop manis ini! Eittsss.. tak hanya sebagai amplop, tapi prakarya ini juga sekaligus bisa berfungsi sebagai kertas suratnya itu sendiri lhooo..

Tuliskan pesan di bagian dalam dari bentuk hati-nya (yang warna orange itu), dan ketika tutupnya dibuka, sang penerima akan langsung menemukan pesanmu di amplop tersebut. Siapa tahu dia jadi senyam-senyum melihat kreativitasmu. Nambah poin plus kaaan... :)

1 comments so far


EmoticonEmoticon