13/09/2015

DIY: Random #8 - Simak Tips Untuk Merawat Ban Mobil Anda


GT Radial membagikan "6 Tips Merawat Ban Mobil Anda" yang saya temukan pada sebuah poster yang ditempel pada tembok salah satu bengkel mobil yang pernah saya kunjungi (per Februari 2013). Dijelaskan secara singkat dan sederhana, namun penting untuk kita perhatikan, berikut adalah tips-tips cara merawat ban mobil:

  1. JENIS DAN UKURAN BAN YANG TEPAT: Minta rekomendasi jenis ban yang sesuai dengan gaya mengemudi Anda. Pastikan juga ban yang digunakan sesuai dengan ukuran dan indeks ban yang dianjurkan untuk kendaraan ban.
  2. TEKANAN ANGIN PADA BAN: Periksa tekanan angin minimal 1 bulan sekali. Tekanan angin yang kurang sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kerusakan fatal pada ban Anda. Tekanan angin yang berlebihan akan menyebabkan keausan yang tidak merata dan berpengaruh pada saat pengendalian dan pengereman.
  3. ROTASI: Ban perlu dirotasi untuk mencegah keausan yang tidak merata, dan juga untuk memperpanjang umur pemakaian ban Anda. Lakukan rotasi setiap 7,500 - 10,000 km.
  4. BALANCING: Ban perlu dibalancing untuk mencegah guncangan dan getaran pada saat mengemudi serta keausan yang tidak merata. Balancing dilakukan setiap pergantian ban baru, melakukan rotasi ban, atau jika ban bergetar pada saat mencapai kecepatan tertentu.
  5. SPOORING: Kendaraan Anda perlu di spooring secara berkala untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Spooring dilakukan setiap melakukan rotasi ban, atau jika terjadi gejala-gejala seperti: Kemudi mobil menarik ke arah kanan atau kiri pada saat berkendara, dan ban aus sebelah atau tidak rata.
  6. PENGGANTIAN BAN BARU: Terdapat "TWI" (Tread Wear Indicator) pada alur telapak ban. Jika telapak ban sudah menyentuh bagian TWI, maka menunjukkan bahwa ban sudah saatnya untuk diganti. Letak TWI pada ban ditunjukkan dengan tanda segitiga ( ∆ ) pada dinding samping ban.

1 comments so far


EmoticonEmoticon