17/10/2015

DIY: Digital #3 - [PHOTOSHOP] 4 Langkah Mudah Membuat Background Transparan (Bisa Online Juga Kalau Nggak Punya Photoshop)

Salah satu fitur yang paling suka dari Adobe Photoshop ataupun tools sejenis yang dapat dipakai untuk mengedit foto adalah kegunaannya untuk membuat background menjadi transparan. Fungsi ini sangat menyenangkan, apalagi waktu kita berasa annoyed sama background putih yang tidak kasat mata namun ikutan nebeng saat kita mau buat poster dan butuh menumpuknya di atas atau di bawah layer lain (baik gambar atau tulisan).

Kalau kamu nggak punya Photoshop, don't worry, karena kamu bisa melakukannya online di Photoshop Online Free (been using it for years and I am still lovin' it to date). Langkah-langkah alias cara membuat background jadi transaparan sangat simple, dan bisa kamu terapkan juga di Adobe Photoshop. Caranya seperti ini:


Step 1: Ketika kamu masuk ke website di atas, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan gambar. Silahkan pilih yang kamu inginkan: buat sendiri yang baru atau buka gambar yang suka ada (baik dari komputermu, dari link tertentu di internet, atau dari koleksi gambar di library-mu di situs tertentu). Kali ini saya memakai pilihan kedua, yakni Open Image from Computer.


Step 2: Setelah membuka image atau meng-create sendiri image-mu, coba perhatikan kotak "LAYERS" di sebelah kanan. Ada sebuah layer di sana, yakni "BACKGROUND" dan juga sebuah gambar GEMBOK mungil di sebelah tulisan tersebut. Taruh kursormu di atas gembok dan kamu akan melihat instruksi "Double click to unlock layer". Lakukanlah! Klik gembok tersebut dua kali dan simbsalabim...


... nama layer-mu di kotak ini akan berubah! Dari "BACKGROUND" menjadi "LAYER 0" dan ada tanda centang di sebelahnya. Artinya adalah: Sekarang gambarmu sudah bisa kamu utak-atik karena sudah kamu buka kuncinya. Kalau kamu gak buka gemboknya, maka background-nya nggak bisa kamu apa-apain.


Step 3: Gunakan wand tool yang saya lingkari kuning. Klik pada bagian background yang mau kamu buang dan tekan delete. Semakin kontas warna background dengan warna gambar inti yang mau kamu ambil, semakin mudah proses ini. Kalau warnanya beragam, berpola atau campur aduk akan lebih sulit dan butuh kesabaran lebih untuk membuangnya, juga harus dibantu tool-tool lainnya, tidak hanya wand tool. Misalnya dibantu dengan eraser tool (dua tool di bawahnya) untuk menghapus sudut-sudut sulit. Itu sebabnya fotografer biasanya mengambil foto model atau objeknya di atas kain putih raksasa atau warna lainnya yang kontras dengan warna baju: supaya edit-nya mudah! Karena background saya hitam, cukup jauh dengan warna si bebek, maka gampang sekali membuangnya.


Ini hasilnya = bagian yang sudah kamu hapus akan meninggalkan pola seperti papan catur! Kalau sudah tak ada yang mau kamu hapus lagi, lanjut ke langkah terakhir, yuk!


Step 4: Saatnya menyimpan gambarmu. Tekan Control+S bersamaan atau pergilah ke File - Save - pilih Format "PNG (Transparent, full quality)" - simpan di tempat yang kamu inginkan. Selesai, deh!


Ooh yaa, sekali lagi jangan lupa guys! Supaya jadi transparan kamu harus men-save gambar yang sudah kamu edit dalam format PNG. Sebab kalau kamu save dalam format lain, misalnya JPEG, background-nya akan berubah jadi warna putih. Hal ini juga berlaku jika kamu mengedit foto memakai aplikasi Adobe Photoshop. Semoga bermanfaat!!


EmoticonEmoticon