20/09/2015

Mandarin #1 - Baca Mandarin di Internet Jadi Jauh Lebih Mudah dengan Pera-pera

Tags

#recycledpost #throwbackDec2013


Woo-hoo, asiknya!! Setelah menemukan add-ons yang satu ini membaca artikel berbahasa Mandarin apapun di Firefox jadi a lot easier. Gratis pula lagi (bisa donate kalau mau)! Namanya: Perapera Chinese Popup Dictionary. Langsung saja klik link tersebut untuk sampai ke page di atas. Kemudian klik tombol hijau "Add to Firefox" dan ikuti petunjuk selanjutnya!

Naah.. kalau sudah di-install, setiap kali sebelum dipakai kamu kudu mengaktifkan dulu kamus ini. Tinggal klik saja tombol abu-abu bertuliskan 中 yang terletak di Navigation Toolbar-mu di ujung kanan atas. Maka tombol abu-abu akan berubah warna menjadi merah. Kalau kamu sudah tidak perlu pakai, tinggal klik lagi untuk mematikan fitur ini dan warnanya kembali menjadi abu-abu:



Selanjutnya kamu bisa membuka website mandarin apapun. Situs berita yang ngetop dan populer misalnya adalah sina.com.cn, 163.com, gmw.cn, sohu.com, dan xinhuanet.com. Kamu tinggal menaruh kursormu pada kata yang tidak kamu mengerti, dan artinya akan langsung keluar. Sejauh ini saya lihat artinya sangat akurat, tampilannya enak dilihat, dan vocab yang tersedia juga cukup lengkap (jarang deh yang nggak adanya). Berikut adalah petikan sebuah berita dari xinhuanet.com dan apa yang terjadi kalau kamu menggunakan add-ons ini:



Dengan begini membaca Mandarin pun jadi lebih mudah. Jika ada kata-kata baru yang tidak dimengerti, tidak perlu buang waktu mengetik ulang di aplikasi kamus yang ada di smartphone atau di internet karena artinya akan langsung muncul hanya dengan menggerakan kursor. Bahkan ketika tiba-tiba koneksi internetmu putus, tool ini tetap bekerja lhoo... Selamat membaca dan menambah pasokan vocabulary-mu!


EmoticonEmoticon